Membahas Berbagai Masalah Agama, Tasawuf, Usuluddin, Fikih dan Lainnya.

Minggu, 25 Maret 2018

Konversi Ukuran Dua Kulah dalam meter


Konversi Ukuran Dua Kulah dalam meter - Ukuran dua kulah ini menjadi salah satu pembahasan yang penting dalam ilmu fikih karena terkait erat dengan salah satu kajian fikih, yaitu ukuran volume air yan gbila terkena najis tetap dihukumi suci kecuali bila salah satu sifatnya berubah.


Ukuran 2 kulah adalah sebuah ukuran volume nonpasti yang digunakan oleh orang arab zaman terdahulu. Ukuran nonpasti yang dimaksud adalah ukuran yang takterukur secara pasti berapa kadar kuantitasnya semacam ukuran liter atau cm3 (kubik) yang bisa digunakan di daerah lain. Oleh karena itu kulah di daerah arab tertentu berbeda dengan ukuran kulah di daerah lainnya. Karena alasan inilahpendekatan Imam Syafii yang menyatakan bahwa 2 kulah itu setara dengan 5 qirbah (salah satu ukuran pasti yang dipakai di zaman Imam Syafii) adalah pendekatan taqribi (sekedar perkiraan), bukan ukuran tahdidi (ukuran pasti yang tidak bisa dikurangi maupun ditambah).

Berikut gambaran wadah ukuran dua kulah dalam kitab fiqh klasik:

1. Apabila wadah yang digunakan adalah wadah berbentuk persegi empat, maka panjang, lebar dan kedalaman wadah tersebut adalah 1 seperempat dziro’.

2. Apabila wadah yang digunakan adalah wadah berbentuk persegi tiga, maka panjang ketiga sisinya adalah 2 setengah dziro’ dan kedalamannya 2 dziro’.

3. Apabila wadah yang digunakan berupa wadah berbentuk lingkaran, maka lebarnya adalah 1 dziro’ dan kedalamannya 2 setengah dziro’.

( 1 Dziro’ = 48 cm )

Kedua, dengan menetapkan atau melihat isinya.

Terdapat perbedaan pendapat diantara para Ulama fiqh mengenai kadar air dua kulah;

1. Menurut Syekh Adil Ahmad Abdul Mawjud dan Ali Muhammad Mu'awwadl dalam ta'liq Raudhah ath-thalibin, 1 kulah sama dengan kuantitas air 95 liter.

2. Menurut Syekh Majid al-Hamawi dalam Ta'liq at-Taqrib2 kulah sama dengan air dalam wadah 60cm3 atau 21600 cm3 atau+ 216 liter.

3. Menurut Syekh Dayb al-Bugha dalam at-Tahdzib fi Adillah Matn Ghayah at-Taqrib 2 kulah adalah + 190 liter atau 58 cm3.

4. Menurut Syekh Abdul Aziz Uyun as-Sud, 2 kulah adalah 162 kg.

5. Menurut versi kiai muhammad Ma'shum dalam risalahnya Fath al-Qadir fi Ajaib al-Maqadir, 2 kulah dengan versi kati al-Hamawi adalah174,580 liter atau 55,93cm. dan dengan kati versi ar-Rafi'i adalah 176,245 liter atau 56,13cm. sedangkan de ngan versi kati Iraqi adalah 245,325 liter atau 63,43cm.3

6. Menurut keterangan dalam kitab Ghoyatul Muna Syarah Safinatun Naja karya Syaikh Muhammad bin Ali bin Muhammad Ba ‘Athiyyah Ad-Du’ani, volume air 2 kulah adalah 216 liter.

7. Menurut keterangan dalam kitab At-taqrirot As-Sadidah, volume air 2 kulah adalah 217 liter.

8.  Menurut keterangan dalam kitab Al-fiqhul Islami Wa Adillatuh karya Syaikh Dr. Wahabah Az-Zuhaili, volume air 2 kulah adalah 270 liter.

Wallohu a’lam.

Referensi :
1. Ghoyatul Muna Syarah Safinatun Naja, Hal : 161
2. At-Taqrirot As-Sadidah, Hal : 62
3. Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuh, Juz : 1  Hal : 273
4. Fath al-Qadir fi Ajaib al-Maqadir

Ibarot :
Ghoyatul Muna Syarah Safinatun Naja, Hal : 161

وهما -أي: القلتان- بالمساحة
في المربع: ذراع وربع طولا وعرضا وعمقا
وفي المثلث: ذراعان ونصف طولا-أي: لأضلاعه الثالثة- وذراعان عمقا
وفي المدور: ذراعان ونصف عمقا وذراع عرضا

والذراع شبران من معتدل الخلقة. ومقداره بالمقاييس الحديثة ثمانية وأربعون سنتيمترا

والقلتان باللتر تساويان مئتين وستة عشر لترا

At-Taqrirot As-Sadidah, Hal : 62

والقلتان لغة: الجريان العظيمان -إلى أن قال- وبالمقاييس الحديثة (217) لترا تقريبا

Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuh, Juz : 1  Hal : 273

والقلتان: خمس مئة رطل بغدادي تقريبا (500) وبالمصري (446و7/ 3) رطلا (2) وبالشامي (81) رطلا، والرطل الشامي:
(2و2/ 1) كغ فيكون قدرهما (112،195كغ) وتساوي (10) تنكات (صفايح) وقيل: (15) تنكة أو (270) لترا

Demikianlah konversi ukuran dua kulah dalam meter menurut Ulama fiqh kontemporer, mudah-mudahan bermanfaat. wallahu a'lam.

Tidak ada komentar: