BAB 31 CIRI
ORANG YANG TELAH SAMPAI DAN SEDANG BERJALAN KEPADA ALLAH
“Hendaknya memberi nafkah orang kaya menurut kekayaannya, merekalah
orang yang telah sampai kepada Allah. Dan orang yang terbatas rizkinya adalah
orang yang sedang berjalan menuju kepada Allah”.
Ciri orang yang telah sampai kepada Allah ialah bila mereka
memiliki keluasan rizki, rela menafkahkan semua harta pemberian Allah untuk
kepentingan agama Allah Swt. Sebaliknya orang yang masih berjalan kepada Allah
maka dalam menafkahkan harta hanya sekadarnya saja, sesuai dengan pemberian
Allah Swt. Hal ini sebagaimana firman Allah Swt. Dalam surat At thalaq ayat 9,
yang artinya: “ hendaklah orang yang
mampu memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang disempitkan rizkinya
hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak
memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekadar) apa yang Allah berikan
kepadanya. Sungguh Allah memberikan kelapangan sesudah kesempitan “.
“ Orang-orang yang sedang menuju kepada Allah telah mendapat hidayah
dengan nur (pelita) ibadah, sedang orang-orang yang telah sampai, bagi mereka
nur yang langsung dari tuhan. Maka orang-orang salik menuju ke alam nur,
sedangkan orang yang telah sampai berkecimpungan di dalam nur, sebab orang yang
telah sampai telah bersih dari segala sesuatu selain Allah. Ktakanlah: allah, kemudian biarkan yanglain-lain di
dalam kesibukan mereka berkecimpung (bermain-main)”.
Seseorang yang mau berusaha (berjalan) menuju tingkatan ma’rifat
berarti ia mendapat hidayah dari Allah berupa nur tawajjuh. Sebab dari nur
tersebut, orang itu pun giat dalam menjalankan segala macam ibadah untuk
mendekatkan diri Allah Swt. Sedang orang yang telah mencapai tingkatan ma’rifatmereka
mendapat hidayah berupa nur muwajjahah, yaitu nur yang langsung dari Allah
bukan sebagai hasil ibadah, tetapi semata-mata karunia Allah Swt.
Hakikat tauhid yaitu tidak melihat pengaruh-pengaruhb
sesuatu selain Allah, dan inilah yang bernama haqqul yaqin. Sedangkan melihat dan merasa adanya pengaruh dari
sesuatu selain Allah itu hanya permainan belaka dan bersifat menipuan atau
kemunafikan.
BAB 32 CARILAH
AIB DARI DIRIMU SENDIRI
“Usahamu untuk mengetahui aib (cela) yang masih ada di dalam dirimu itu
lebih baik dari usahamu untuk mengetahui hal ghaib apa yang menghijabmu “.
Yang paling penting bagi seorang hamba yaitu mencari cela (aib)
yang ada pada diri sendiri, seperti riya’, sombong, gila jabatan, selalu
memperturutkan nafsu, dan segala hal yang buruk, lalu menghapus dan
menggantinya dengan mujahadah dan riyadhoh kepada Allah Swt. Tidak perlu
kiranya berusaha untuk mengetahui sesuatu yang ghaib yang berada di luar alam
nyata, atau ingin mempunyai karamah dan lain sebagainya.
BAB 33
ALLAH TIDAK TERHALANG OLEH APAPUN
“ Al haqq (Allah) tidaklah terhalang (terhijab) oleh apapun juga,
sebaliknya engkaulah yang terhijab darinya, sehingga engkau tidak bisa melihat
Allah. Sebab sekiranya ada sesuatu yang menghijab Allah, berarti sesuatu itu
dapat menutup dzatnya Allah, dan andaikata ada tutup bagi Allah, berarti wujud
Allah dapat terkurung, dan sesuatu yang mengurung itu dapat menguasai apa yang
dikurung, padahal Allah yang maha berkuasa atas semua makhluk Nya “.
Sifat Allah adalah tidak mungkin dapat terhijab oleh sesuatu
apapun, sebaliknya manusialah yang dapat terhijab sehingga tidak bisa melihat
kepada Dzat allah yang maha suci, yang menghijab (menghalangi) manusia dari
Allah adalah hawa nafsunya, karena seandainya ada sesuatu yang menghalangi
Allah, berarti sesuatu itu dapat menutupi Allah, dan apabila ada yang menutupi berarti wujud Allah
itu dibatasi, padahal dalam Al Qur’an surat Al An’am ayat 18 disebutkan: “ Dan Dialah (Allah) yang berkuasa atas
hamba-hamba Nya “.
BAB 34
KELUARLAH DARI SIFAT-SIFAT KEHAMBAANMU
“ Keluarlah dari sifat-sifat kemanusiaanmu (yang buruk dan rendah),
dari semua sifat yang menyalahi kehambaanmu, supaya mudah bagimu untuk
menyambut panggilan Allah dan mendekatkan ke hadirat Nya “.
Usahakanlah dirimu untuk selalu riyadhoh dan mujahadah
kepada Allah, supaya dirimu dapat terhindar dari sifat-sifat yang tercela (hina),
yaitu semua sifat yang bertentangan dengan sifat kehambaanmu, baik lahir maupun
bathin. Sebab bila dirimu bisa keluar dari sifat-sifat tercela tersebut, maka kemudian
dirimu bisa memiliki sifat-sifat yang terpuji. Seperti tawadhu’, khusyu’,
ikhlas, dan lain sebagainya. Selain itu dirimu bisa dengan mudah mendekatkan
diri pada Allah dan merasa ringan untuk beramal dan bisa tetap menjaga diri
dari perbuatan-perbuatan yang melahirkan dosa.
Yang dimaksud dengan riyadhoh
adalah menundukkan hawa nafsu hingga ia mengikuti perkara yang haq (benar). Sedangkan mujahadah adalah memerangi hawa nafsu
dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah swt.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar